MASYARAKAT ADAT AKTIF IKUT VAKSINASI COVID-19

Drs Jonio Suharto M.IP (Ketua DAD Barito Utara)

Masyarakat Adat (Dayak) di Kabupaten Barito Utara, Provinsi Kalimantan Tengah aktif ikut vaksinasi covid-19 sebagaimana dianjurkan Pemerintah. Hal ini dikemukakan Drs Jonio Suharto, M.IP kepada media. Dia menjelaskan, selain jajaran pengurus Dewan Adat Dayak (DAD) Kabupaten, DAD Kecamatan, para Damang dan para mantir yang tersebar di desa-desa sebagian besar sudah ikut vaksinasi, kecuali bagi mereka yang memiliki sakit bawaan atau mereka yang masih belum mendapat jangkauan petugas tim vaksinasi.

Jonio menambahkan, dikalangan masyarakat adat sama sekali tidak ada sedikitpun keraguan untuk ikut vaksinasi, karena mereka sadar kalau salah satu cara untuk kebal terhadap virus covid-19 hanyalah melalui vaksinasi, selain melaksanakan protokol ke

Drs Jonio Suharto M.IP (Ketua DAD Barito Utara)

sehatan 5 M. 

Kesadaran masyarakat untuk patuh kepada protokol kesehatan dan aktif ikut vaksinasi saat ini adalah karena sosialisasi yang dilakukan oleh Pemerintah baik secara tatap muka maupun melalui media telah menyentuh hingga ke masyarakat lapis bawah, termasuk masyarakat adat.

Ketua DAD sangat mengapresiasi kerja keras Pemerintah melalui tim satgas covid-19 yang dimotori jajaran Polri, TNI dan Pemda yang saat ini telah berhasil menekan angka covid-19 menjadi melandai. Untuk itu dia mengajak semua jajaran masyarakat adat di kabupaten Barito Utara agar tidak kendor tetap disiplin melaksanakan protokol kesehatan 5 M dan bagi yang masih belum vaksinasi segera ikut vaksinasi dengan cara melapor diri kepada petugas kesehatan terdekat.

 

 

DEWAN ADAT DAYAK (DAD) BARITO UTARA

Artikel Terkait